Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together entuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK
Kata Kunci:
Komunikasi Matematis, Number Heads TogetherAbstrak
Kemampuan komunikasi di SMK masih tergolong rendah, hal ini diperkuat oleh hasil wawancara bersama guru matematika di salah satu sekolah SMK di Kota Bandung. Dan juga diperkuat dari hasil ujian tengah semester matematika pada tahun 2018/2019 masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis ini, peneliti menggunakan model pembelajarn Number Heads Together. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterlaksanaan model Number Heads Together dan pembelajaran langsung, mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK, mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan model Number Heads Together, mendeskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain pada penelitian ini adalah kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Bina Warga Bandung. Data yang dikumpulkan berupa pretes dan postes, dengan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Number Heads Together dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.Referensi
Destiyandani, E., Yunianta, T., Mampouw, H., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP N 2 Tuniang pada Materi Segitiga. [Online]. Tersedia.https://doaj.org/article/355701c9a857456fbaae5d9d7031cfc1. Volume 32. Number 2 Editor ISSN 0854-5995. [5 Desember 2016].
Lefudin. 2017. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish
Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Mukrima, Sifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI
Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarrta : Ombak
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sumarmo, Utari. 2013. Berfikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung : Diterbitkan
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Wahyuni, Regita., Husna, Nurul., Utami, Citra. 2016. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi SMA N 6 Singkawang. [Online]. Tersedia. https://doaj.org/article/45d8035b2c544773b489cf689ba200fb. Volume 1. Number 2 Editor ISSN 2477-8443. [September 2016].
Warson, dan Haryanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Lefudin. 2017. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish
Lestari, Karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Mukrima, Sifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI
Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarrta : Ombak
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sumarmo, Utari. 2013. Berfikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung : Diterbitkan
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Wahyuni, Regita., Husna, Nurul., Utami, Citra. 2016. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas Xi SMA N 6 Singkawang. [Online]. Tersedia. https://doaj.org/article/45d8035b2c544773b489cf689ba200fb. Volume 1. Number 2 Editor ISSN 2477-8443. [September 2016].
Warson, dan Haryanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Unduhan
Diterbitkan
2019-06-29
Cara Mengutip
Yulyantika, H., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together entuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(1), 19–28. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/293
Terbitan
Bagian
Research