Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Authors

  • Cantika Dinda Pangesti Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada salah satu SMA di Bandung dan salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga dipandang perlu melakukan inovasi pembelajaran diantaranya menggunakan model pembelajaran kuantum tipe Tandur. Tujuan penelitia]n ini adalah memperoleh model pembelajaran Kuantum Tandur yang efektif meningkatkan hasil belajar dan guna memperoleh tujuan tersebut digunakan metode penelitian Research and Development yang dilaksanakanĀ  dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu,studi pendahuluan, pengembangan dan pungujian. Melalui hasil uji coba pada kelas eksperimen diperoleh model pembelajaran Kuantum tipe Tandur baru yaitu dengan mengkombinasikannya dengan metode Mind Mapping. Menggunakan model pembelajaran ini ada peningkatan hasil belajar.

References

DePorter, B & Mike (2000a). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa

DePorter, B &Mike (2004b). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa

DePorter, B &Mike (2011c). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa

Lestari.,K. E & Yudhanegara., M.R (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Ruswandi(2013).Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera

Sukmadinata, N.S. (2007a), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sukmadinata, N.S (2010b), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E..(2012), Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Pangesti, C. D., Syaodih, E., & Ilyas, I. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/143

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 
Loading...