Research
Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Published
December 1, 2016
How to Cite
Rehawati, R., Hidayat, A., & Ilyas, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/134
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan disain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMKN Kota Bandung. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Kelas X AK 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif dan kelas X AK 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran modul make a match. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif. (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif lebih baik daripada aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran make a matchReferences
- Alam S. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Erlangga.
- Andriani, M. R. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. “scholaria 6.1 (2016)
- Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
- Atty Srie S. dan Teti Heryati. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Bandung: HUP Penerbit Buku Pendidikan.
- Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gavamedia.
- Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
- Rusman. (2010). Model – Model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press
- Sadirman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : RajaGrafindo Persada ( Rajawali Perss).
- Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
- Sugiyono, (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- TechTerms. (2008). PowerPoint. Tersedia, http://techterm.com/definition/powerpoint. [ 22 Maret 2016 ]
- Warsono. dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
- Yunita Rachmawati. Bagaimana Mengukur aktivitas siswa belajar (2015). Tersedia,www.academia.edu/4816292/bagaimana_mengukur_aktivitas_siswa_belajar. [ 19 Januari 2016]
- Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.