Vol. 2 No. 2 (2016)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Rehawati Rehawati
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ilyas Ilyas
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2016
How to Cite
Rehawati, R., Hidayat, A., & Ilyas, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan disain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMKN Kota Bandung. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Kelas X AK 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif dan kelas X AK 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran modul make a match. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif. (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif lebih baik daripada aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match

References

  1. Alam S. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Erlangga.
  2. Andriani, M. R. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. “scholaria 6.1 (2016)
  3. Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
  5. Atty Srie S. dan Teti Heryati. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Bandung: HUP Penerbit Buku Pendidikan.
  6. Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  7. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gavamedia.
  8. Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
  9. Rusman. (2010). Model – Model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press
  10. Sadirman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : RajaGrafindo Persada ( Rajawali Perss).
  11. Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
  12. Sugiyono, (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  13. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. TechTerms. (2008). PowerPoint. Tersedia, http://techterm.com/definition/powerpoint. [ 22 Maret 2016 ]
  15. Warsono. dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
  16. Yunita Rachmawati. Bagaimana Mengukur aktivitas siswa belajar (2015). Tersedia,www.academia.edu/4816292/bagaimana_mengukur_aktivitas_siswa_belajar. [ 19 Januari 2016]
  17. Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.