Pengembangan Model Pembelajaran Kuantum Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada salah satu SMA di Bandung dan salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga dipandang perlu melakukan inovasi pembelajaran diantaranya menggunakan model pembelajaran kuantum tipe Tandur. Tujuan penelitia]n ini adalah memperoleh model pembelajaran Kuantum Tandur yang efektif meningkatkan hasil belajar dan guna memperoleh tujuan tersebut digunakan metode penelitian Research and Development yang dilaksanakanĀ dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu,studi pendahuluan, pengembangan dan pungujian. Melalui hasil uji coba pada kelas eksperimen diperoleh model pembelajaran Kuantum tipe Tandur baru yaitu dengan mengkombinasikannya dengan metode Mind Mapping. Menggunakan model pembelajaran ini ada peningkatan hasil belajar.References
DePorter, B & Mike (2000a). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa
DePorter, B &Mike (2004b). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa
DePorter, B &Mike (2011c). Quantum Learning;Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung:Kaifa
Lestari.,K. E & Yudhanegara., M.R (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Ruswandi(2013).Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera
Sukmadinata, N.S. (2007a), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sukmadinata, N.S (2010b), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E..(2012), Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama