Vol. 3 No. 2 (2017)
Research

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa

Ita Pitriyanti
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Rita Zahara
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Cucu Lisnawati
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2017
How to Cite
Pitriyanti, I., Zahara, R., & Lisnawati, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/150

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu mengubah sikap atau kepribadian siswa menjadi lebih baik, perubahan kepribadian siswa menjadi baik sangat ditentukan oleh kemampuan dan pengalaman guru dalam mengorganisir atau mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap mata pelajaran ekonomi dalam upaya meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA Negeri 12 Bandung.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and expaining memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan mengemukakan pendapat siswa  yang mencakup kemampuan  mengemukakan  pendapat,gagasan serta idenya secara jujur dan langsung tetapi siswa pun menjadi percaya diri untuk berbicara didepan kelas dan mampu berfikir secara logis, analisis dan sistematis serta mampu menghargai pendapat orang lain setelah diberikan perlakuan.

References

  1. Anindawati, H. D. (2013). Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa . Jurnal Online: Universitas Negeri Semarang.
  2. Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran . Bandung: PT.REMAJA ROSDAKARYA.
  3. Daryanto dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gavamedia.
  4. Kuntarto, N. M. (2013). Terampil berbahsa. Bandung: Alfabeta Cv.
  5. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.REMAJA ROSDAKARYA.
  6. Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru PROFESIONAL. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  7. Parera, J. D. (1987). Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.
  8. Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  10. Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Tsalis, R. K. (2016). efektivitas model pembelajaran debat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Bandung: Universitas Langlangbuana
  12. Ospedi Barus, (2013). Meningkatkan Siswa Kemampuan Pendapat dan Berbicara
  13. Dengan Membangun Hubungan Emosional. Jurnal Online. FIP Universitas Negri Medan
  14. Ferdiana ika dkk, (2014). Penerapan Model Student facilitator and explaining (SFAE)
  15. untuk meningkatkan kemampuan berpendapat dan Berprestasi Belajar Siswa kelas XI-IPA SMA Negeri I Kalidawir Tulung Agung. Jurnal online. Universitas Negeri Malang
  16. Huda, M, (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar