Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Authors

  • Lia Mulyani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat 123Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Cucu Lisnawati 123Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa pada pembelajaran akuntansi. Kenyataan dilapangan peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya kemandirian belajar siswa pada pembelajaran akuntansi, satu faktor penyebaba diantaranya yaitu kurangnya ketersediaan sumber dan bahan ajar dalam pembelajaran.  Berdasarkan hal tersebut diatas, peneliti membuat serta mengembangkan bahan ajar smartbook berbasis sains dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar smartbook dalam meningkatkan kemandirian belajar, untuk mengetahui langkah-langkah implementasi bahan ajar smartbook serta mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development ). Populasi yang digunakan adalah kelas XII Lintas Minat Ekonomi di SMA Negeri 22 Bandung. Sampel yang digunakan pada saat ujicoba terbatas yaitu kelas XII Lintas Minat Ekonomi 1, sedangkan pada saat ujicoba luas adalah kelas XII Lintas Minat Ekonomi 3 dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Des ign . Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar smartbook berbasis sains lebih efektif digunakan dalam pembelajaran akuntansi dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dibandingkan tidak menggunakan bahan ajar smartbook.

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan (1) Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Aka, N. dkk. (2007). Intisari Ekonomi untuk SMA. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interest Media.

Mulyana, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Pura, R. (2013). Pengantar Akuntansi 1. Makassar: Erlangga.

Rusman. (2012). Model - Model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. dan Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Reflika Adigama.

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suyono dan Haroyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Mulyani, L., Hidayat, A., & Lisnawati, C. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Smartbook Berbasis Sains untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/110

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...