Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan sangat baik atau tidak, sehingga jika baik maka akan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil pengujian hipotesis menggunakan lembar observasi, dan uji-t yang menunjukan bahwa model penerapan model PjBL di gunakan sangat baik, dan berdasarkan hasil pengujian statistik kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan di bandingkan sebelum menggunakannya.).References
Abdullah, S Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, F. dkk. (2016). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulum 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Modul: Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan._______
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Majid, Abdul & Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya._____________
Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak Berbakat. Jakarta: Gramedia
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). UU RI No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suharsimi, Arikunto. (2008). Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulaeman, Maman. (2016). Aplikasi Project – Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.
Sutrisno. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, F. dkk. (2016). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar (Mengacu Kurikulum 2013). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press APPTI (Asisiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Modul: Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan._______
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Majid, Abdul & Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya._____________
Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak Berbakat. Jakarta: Gramedia
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). UU RI No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suharsimi, Arikunto. (2008). Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulaeman, Maman. (2016). Aplikasi Project – Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma Publishing.
Sutrisno. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
2019-12-31
How to Cite
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Issue
Section
Research