Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kata Kunci:
Type Student Teams Achievement Division, STAD, motivasi belajarAbstrak
Motivasi belajar merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving force) dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan dalam rangka perubahan perilaku, baik dalam asfek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerepan model STAD dalam meningkakan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Pretest-Posttes Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dikelas XII IPS 5 sebagai kelas kontrol dan Kelas XII IPS 6 sebagai kelas eksperimen di SMAN 1 Banjaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) hasil dari pengolahan observasi dapat diketahui bahwa efektivitas penerapan model cooperative type STAD dapat ditaerapkan dalam mata pelajaran akuntansi, (b) hasil pengolahan data awal dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas sama, (c) hasil peningkatan dengan uji gain kelas eksperimen menunjukan nilai rata-rata 0,30 yang berarti sedang dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 0,18 yang berarti rendah. Pada saat dilakukan uji hipotesis didapatkan hasil Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Referensi
Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta. Pustaka Pelajar
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Budi Susetyo. (2010). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT Refika Aditama
Dimiyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta . Rineka Cipta
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Tidak diketahui
Martimis Yamin. (2010). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persabda Press Jakarta
Nanang Hanafiah, . & Cucu Suhana, C. (2012). Strategi konsep Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama
Nana Syaodih. ( 2012). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung. PT Refika Aditama
Nana Syaodih.(2013) .Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Rosd
Rudianto, (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta. Erlangga
Ruseffendi,(2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung. Tarsito
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
Siti Hanifah, Dkk. (2009). Pelajaran Akuntansi SMA XII. Bandung. Tidak diterbitkan
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta .Rineka Cipta
Slavin,R (2010). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung Nusa Media
Sri Mulyati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi : Tidak diterbitkan
Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung. Tarsito.
Sugiyono.(2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alpabeta
Suharsimi Arikunto. (2004). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Yogjakarta. Rineka Cipta
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media
Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT Bukti Aksara. Jakarta Timur
Budiari Akhmad. (2012). Pendidikan | Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD. Tersedia : www.budairi.com/2012/11/pendidikan-kelebihan-dan-kekurangan.html#axzz36IeaxTAr. [ 2 Juli 2014]
Dhiendha Shievva. (2013). Kekurangan dan Kelebihan STAD. Tersedia : www.scribd.com/doc/207318446/kelemahan-dan-kekurangan-stad . [ 2 Juli 2014)Haryanto. (2011). Pengertian Model Pembelajaran. Tersedia : http://belajarpsikologi.com/pengertian-model-pembelajaran/. [ 2 juli 2014)
Abdul Rozak, dkk. (2013). Pen
Model Pembelajaran Kooperatif type TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia : http//e-journal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file.id. [22 Oktober 2014]
Suherman. (2012). Pengertian Efektifitas .. [ 3 juli 2014]
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Budi Susetyo. (2010). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT Refika Aditama
Dimiyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta . Rineka Cipta
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Tidak diketahui
Martimis Yamin. (2010). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persabda Press Jakarta
Nanang Hanafiah, . & Cucu Suhana, C. (2012). Strategi konsep Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama
Nana Syaodih. ( 2012). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung. PT Refika Aditama
Nana Syaodih.(2013) .Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Rosd
Rudianto, (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta. Erlangga
Ruseffendi,(2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung. Tarsito
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
Siti Hanifah, Dkk. (2009). Pelajaran Akuntansi SMA XII. Bandung. Tidak diterbitkan
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta .Rineka Cipta
Slavin,R (2010). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung Nusa Media
Sri Mulyati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi : Tidak diterbitkan
Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung. Tarsito.
Sugiyono.(2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alpabeta
Suharsimi Arikunto. (2004). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Yogjakarta. Rineka Cipta
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media
Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT Bukti Aksara. Jakarta Timur
Budiari Akhmad. (2012). Pendidikan | Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD. Tersedia : www.budairi.com/2012/11/pendidikan-kelebihan-dan-kekurangan.html#axzz36IeaxTAr. [ 2 Juli 2014]
Dhiendha Shievva. (2013). Kekurangan dan Kelebihan STAD. Tersedia : www.scribd.com/doc/207318446/kelemahan-dan-kekurangan-stad . [ 2 Juli 2014)Haryanto. (2011). Pengertian Model Pembelajaran. Tersedia : http://belajarpsikologi.com/pengertian-model-pembelajaran/. [ 2 juli 2014)
Abdul Rozak, dkk. (2013). Pen
Model Pembelajaran Kooperatif type TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia : http//e-journal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file.id. [22 Oktober 2014]
Suherman. (2012). Pengertian Efektifitas .. [ 3 juli 2014]
Unduhan
Diterbitkan
2014-12-30
Cara Mengutip
Nurmayani, H. D., Zahara, R., & Lisnawati, C. (2014). Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDUCARE, 12(2), 1–8. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/190
Terbitan
Bagian
Research