IbM. Pendampingan dan Pembimbingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Gur-guru SMK Bina Warga dan SMP Kemala Bhayangkari Bandung
Kata Kunci:
Pendampingan, pembimbingan, penulisan, ptkAbstrak
Berdasarkan hasil survey dan hasil diskusi dengan pihak SMK BW dan SMP Kemala Bhayangkari, khususnya Kepala Sekolah banyak masalah yang dihadapi guru selama melaksanakan pembelajaran di kelas. Penyelesaian masalah tersebut membutuhkan suatu kajian baik secara teoritis ataupun empiris yang dapat disajikan dalam bentuk penulisan karya ilmiah, yaitu artikel, makalah ataupun melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan kajian tersebut diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru dan dapat memperbaiki kualitas dari proses pembelajaran itu sendiri. Kenyataan yang ada menunjukan bahwa banyak guru di SMK BW dan SMP Kemala Bhayangkari yang belum terbiasa dengan penulisan karya ilmiah apalagi yang dipublikasikan melalui jurnal ataupun seminar. Bahkan ada yang belum mengenal apalagi melaksanakan suatu PTK. Kalaupun ada yang mengenal, akan tetapi pada umumnya guru belum pernah menyusun artikel atau makalah serta melaksanakan PTK. Masalah tersebut di atasi dengan melakukan pendampingan dan pembimbingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru dengan menggunakan metode pendekatan FGD dan metode pendekatan partisipatif. Hasil dari kegiatan berupa peningkatan pemahamanan dan kemampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah serta mendesiminasikan dalam kegiatan seminar dan publikasi dalam jurnal ilmiah nasional; dan buku pedoman penulisan karya ilmiah berupa artikel, makalah serta artikel PTK .Referensi
tidak tersedia
Unduhan
Diterbitkan
2016-12-30
Cara Mengutip
Budilestari, P., Widyatiningtyas, R., & Zahara, R. (2016). IbM. Pendampingan dan Pembimbingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Gur-guru SMK Bina Warga dan SMP Kemala Bhayangkari Bandung. EDUCARE, 14(2), 1–9. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/206
Terbitan
Bagian
Community Service