Penerapan Model Make And Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Sederhana Matematika Di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Model Make and Match, hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika peserta Cidawolong materi pecahan model pembelajaran make and match. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Al-Islam. Teknikyang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi peserta didik dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: hasil mbelajar matematika dengan menggunakan Model Make and Matchpeserta didik kelas III MI Al- Islam Cidawolong mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan tersebut disebabkan dalam menjelaskan aturan model pembelajaran dengan model Make and Match memberikan simulasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Make and Match. Dengan demikian peserta didik dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan model Make and Match sesuai dengan aturan permainan.Referensi
Agus Suprijono. (2012.) Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anita Lie, (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo
Arikunto, suharsismi.( 2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : RinekaCipta
Arikunto, suharsimi ( 2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi . Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar,Saifuddin. (2012). reliabilitas dan Validitas Edisi 4. yogyakarta: Pustaka pelajar.
Kosasih, ending. (2014) strategi pelajaran pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: yrama widya
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono agus, (2013). Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Hamdan. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran. Di ambil darihttp//iniwebhamdan.wordpress.co m/2012/05/30/kelebihan-dan- kekurangan-metode –pembelajaran
Ibrahim, H. Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lie,Anita. (2002). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Mihtahul Huda. (2013)Model- model Pengajan dan Pembelajaran.YogyakartaPustaka Pelajar.
Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Margono, (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2011). Model-model PembelajaranMengembangka Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Riduwan.(2011). Dasar-dasar statistika. Bandung: Afabeta
Rahardjo,(2012). Model pembelajaran . Jakarta: pustaka pelajar
Anita Lie, (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo
Arikunto, suharsismi.( 2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : RinekaCipta
Arikunto, suharsimi ( 2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi . Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar,Saifuddin. (2012). reliabilitas dan Validitas Edisi 4. yogyakarta: Pustaka pelajar.
Kosasih, ending. (2014) strategi pelajaran pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: yrama widya
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono agus, (2013). Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Hamdan. (2012). Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran. Di ambil darihttp//iniwebhamdan.wordpress.co m/2012/05/30/kelebihan-dan- kekurangan-metode –pembelajaran
Ibrahim, H. Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lie,Anita. (2002). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Mihtahul Huda. (2013)Model- model Pengajan dan Pembelajaran.YogyakartaPustaka Pelajar.
Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Margono, (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2011). Model-model PembelajaranMengembangka Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Riduwan.(2011). Dasar-dasar statistika. Bandung: Afabeta
Rahardjo,(2012). Model pembelajaran . Jakarta: pustaka pelajar
Unduhan
Diterbitkan
2016-12-30
Cara Mengutip
Aripah, N. L., Syaban, M., & Lisnawati, C. (2016). Penerapan Model Make And Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Sederhana Matematika Di Sekolah Dasar. EDUCARE, 14(2), 30–36. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/209
Terbitan
Bagian
Research