Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK

Penulis

  • Wandy Hanggara Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Irmawan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Inkuiri, Strategi Konflik Kognitif

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting untuk ditingkatkan. Namun sayangnya fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis masih rendah berdasarkan hasil observasi peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Jurusan Pemasaran di SMK N 3 Bandung tahun ajaran 2018-2019. Adapun sampel penelitannya adalah siswa kelas X BDP 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X BDP 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa soal-soal uraian kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS 24 for windows. Berdasarkan analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif meningkat dengan kategori cukup efektif dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat model pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Referensi

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall New York.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. 2008.

Ismaimuza, D (2013). Kemampuan Berpikir Kirtis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif. Sulawesi Tengah: Universitas Tadulako.

Krulik, S. dan Rudnick J.A. Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Dalam Developing Mathematical Reasoning in Grade K-12. Stiff. L.V dan Curcio FR. Ed. 1999 Yearbook NCTM, Reston, Virginia.

Rahayu, D. Gelar & Ramli, Munaspito. (2007). (Pendidikan Baru dalam Proses Pembelajaran Matematika) Matematika dan Sains Dasar Sebuah Antologi. Jakarta: UIN Jakarta.

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Hanggara, W., Widyatiningtyas, R., & Irmawan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 123–127. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/304

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 
Loading...