Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dalam Materi Kelangkaan

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dalam Materi Kelangkaan

Authors

  • Inten Rohmana Hakim Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pengantar Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X PM 1 dan kelas X PM 6 SMK Negeri 3 Kota Bandung dengan jumlah sampel 36 orang dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki nilai pretestrata-rata kelas sebelum diberikan perlakuan 48,28 dari jumlah siswa 36 orang pada kelas eksperimen. Namun, setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw nilai posttestsiswa meningkat menjadi 82,56 dari total siswa yang berjumlah 36 orang. Sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama ketika dilakukan pretest nilai rata-rata kelas 45,72 dari total 36 siswa. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensial, nilai rata-rata kelas setelah melakukan posttest adalah 58,37 Kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki kenaikan hasil pretest ke posttest. Namun peningkatan kelas kontrol tidak sebaik kelas ekperimen. Pada saat dilakukan uji hipotesis didapatkan hasil H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep.

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Fauzi, Iip H. (2010) Efektivitas PT. Pos (Persero) Kota Bandung dalam Pelayanan Publik Melalui Pembayaran Rekening Listrik Secara On- Line. Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/456/jbptunikompp- gdl-iiphimawan-22764-7-babii.pdf diakses 18 Agustus 2015.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Karmaka, Indra. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Pokok Bahasan Ketenagakerjaan di SMA Negeri 8 Bandung). Skripsi FKIP UNLA. Bandung: Tidak diterbitkan.

Majid, Abdul.(2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mardialis. (2015) Analisis Efektivitas Pembinaan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah). Tersedia: http://repository.uin-suska.ac.id/1512/3/BAB%20II.pdf diakses 18 Agustus 2015.

Moedjiono dan Dimyati, M. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mohamad, N. Dan Uno, H.B. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rauzah. (2010). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Penguasaan Konsep Ekonomi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X MAN Indrapuri Kabupaten Aceh Besar). S2 Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

S. Alam. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Saiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suhana, C. dan Hanafiah. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, N. & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ombak.

Taniredja, T., Faridli, E.M. dan Harmianto, S.(2013). Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Pusat Pustaka. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winarni dkk. (2014). Pengembangan Modul Pengantar Ekonomi Berbasis Kompetensi untuk Siswa SMK. Tersedia: http://download.portalgaruda.org diakses 15 Agustus 2015.

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Hakim, I. R., Hidayat, A., & Zahara, R. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dalam Materi Kelangkaan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/108

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >> 
Loading...