Efektivitas Model Cooperative Learning Type Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis pada Mata Pelajaran Ekonomi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA N 12 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang diambil ditentukan dengan cara undi sehingga terpilih siswa kelas X IPS 2 untuk kelas Eksperimen dan kelas X IPS 3 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretes dan postes. Data hasil pretes dan postes siswa tersebut kemudian dinalisis dengan software SPSS dan Microsoft Excel 2010 untuk melihat efektivitas model pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibanding dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis tingkat tinggi siswa. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan berpikir siswa yang mencangkup kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan kreatif yang semakin baik setelah diberikan perlakuan.References
Anderson L.W & Krathwohl D.R (2017). Keranga Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Citra Umbara. (2009). Sisdiknas, Bandung: Citra Umbara
Isjoni, (2016). Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA
Lestari,K.E & Yudhanegara,M.R (2017). Penelitian pendidikan Matematika. Refika Aditama
Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. BINA AKSARA.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press
Rusman,(2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Sanjaya,W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, S.A, dkk (1984). Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Suprijono,A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Shoimin,A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Uno, H.B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sumber Jurnal
Krishnani, A.B. (2011). “Efektivitas penggunaan Media Video Pembelajaran untuk meningkatkan Pemahaman siswa dalam mengolah salad di SMK PI Ambarukmo Yogyakarta”. Vol: 144, 9-10.
Matondang, Z (2009). “Validitas dan Reliabilitas suatu instrumen penelitian”. Vol: 6, 89-94. 65
Marini. (2014). “Analisis kemampuan berpikir Analisis siswa dengan gaya belajar tipe investigatif dalam pemecahan masalah Matematika”. Vol:10, 4-5.
Purwanti, B (2015). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”. Vol: 3, 44-45.
Nugroho,A.T.T. (2015). “Pengaruh penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta”. [Online]
Sumber Selain Buku dan Artikel Jurnal
Wijayanti, R (2014) . “Studi Deskriptif Aspek Permodalan Dalam Implementasi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Koperasi Simpan pinjam (KSP) di Kabupaten Subang”.(Skripsi). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.