Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Hambali Hambali Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Bella Anantha Sritumini Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Model Contextual Teaching and Learning merupakan suatu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rumusan masalah yaitu: Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui peningatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan metode eksperimen, sedangkan sifat dala penelitian ini yaitu bersifat kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh: 1. Dari hasil analisis uji hipotesis (Uji-t) hasil belajar siswa diketahui bahwa terdapat signifikan dari penerapan model Contextual Teaching and Learning dikelas eksperimen. 2. Peningkatan hasil belajar siswa  dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextul Teaching and Learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan.

References

Adiyanti, A. (2013). Implementasi Metode Pembelajaran Drill dengan Teknik dengan Teknik Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. FKIP UNLA Bandung: Tidak diterbitkan.

Arikunto, S. (2010). Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Hanafiah, M. &. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

K., K. S. (2013). pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kunandar, D. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M., M. (2014). Pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Moh. Nazir, P. (2014). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Neti, B. l. (2010). perencanaan pembelajaran ekonomi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi UPI.

Hamzah B. Uno, M. P. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Askara. Sukardi, M. P. (2011). Evaluasi Pendidikan. jakarta timur: PT Bumi Askara.

Purwanto. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

sagala, S. (2010). konsep dan makna pembelajaran. Bandung: PT Alfa Beta.

Sanajaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka. Sugiyono, P. D. (2015). metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Hambali, H., Zahara, R., & Sritumini, B. A. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/138

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 
Loading...