Pengaruh Persepsi Siswa Pada Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi siswa pada fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian seluruh siswa yang terdaftar di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang di ambil ditentukan dengan cara random dengan teknik simple random sampling dengan rumus taro yamane sehingga terpilihlah siswa sebanyak 274 responden yang tersebar ke dalam 26 kelas di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen penenlitian yang digunakan studi dokumentasi dan kuesioner yang dibuat sebanyak 60 pernyataan kuesioner masing masing 30 pernyataan untuk fasilitas belajar dan 30 pernyataan untuk minat belajar siswa yang disebarkan di kelas. Data hasil kuesioner siswa tersebut kemudian di analisis dengan microsoft excel 2013 untuk mengetahui validitas dan reabilitas pernyataan mengenai fasilitas belajar dan minat belajar siswa.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji analisis deskriptif dan uji regresi sederhana menunjukan bahwa gambaran tentang fasilitas dan minat belajar siswa di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 menunjukan adanya pengaruh positif signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar siswa dan fasilitas belajar merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan minat belajar siswa.References
Ahmad, S. (2016) Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama
Bimo, W. (2010) Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV Andi
Chabib Thoha. (2011) Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : CV.Rajawali
Djaali. (2013) PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : PT Bumi Aksara
Duwi Priyanto. (2014) SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET
Imam Gunawan. (2016) Pengantar Statistika Inferensial. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
Imron, A. (2012) Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : Sinar Grafika Offset
Makmun, K. (2016) Psikologi Umum. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Popi, S. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta : Ghalia Indonesia
Sadulloh uyoh.(2012). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung : Penerbit Alfabeta
Sopiatin, T. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta : Ghalia Indonesia
Slameto. (2010) Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya
Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sukardi. (2012) Metodologi Pendidikan. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Suparto, M.A. (2001) Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Erlangga
Sutirna. (2013) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal , Non Formal dan Informal. Bandung : CV andi offset
Syaiful, B.D. (2011) PSIKOLOGI BELAJAR. Jakarta : Rineka Cipta
Syah, M. (2014) Psikolgi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya