Vol. 1 No. 1 (2015)
Research

Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Evi Septiani
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Rita Zahara
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Cucu Lisnawati
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2015
How to Cite
Septiani, E., Zahara, R., & Lisnawati, C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Two Stay Two Stray  dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMK Bina Warga Bandung dengan ampel dalam penelitian adalah kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) hasil pengolahan data observasi model pembelajaran two stay two stray telah diterapkan dengan baik selama dua kali pertemuan dengan melaksanakan langkah-langkah dari model pembelajaran two stay two stray (b) hasil pengolahan data awal dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan yang artinya sama, (c) hasil penelitian menunjukan perbandingan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol pada uji gain. Berdasarkan perhitungan uji-t keputusan menolak Ho dan menerima H1, karena thitung > ttabel (3,694 > 2,008). Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray  berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi.

References

  1. Agung, Hidayat. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. Skripsi FBEB UPI Bandung
  2. Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Aqib, Zainal. (2013). Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV. Yrama
  3. Widya. Djaali. (2007). Psikologi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengkurannya (Analisis Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Heriani, Kartika. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi FBEB UPI Bandung Huda, M. (2012). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Pelajar.
  6. Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Makmum, A. S. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Moedjiono, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Moeslihat, R. (2005). Akuntansi untuk SMA kelas XI. Bandung: Regina. Nasution. (2010). Motivasi Belajar. Jakarta: Salemba Empat.