Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif
Abstract
Penerapan metode pembelajaran inquiry dilakukan dengan dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kreatif siswa dalam belajar ekonomi. Metode pembelajaran inkuiri merupakan salah satu metode yang dapat berpengaruh terhadap cara berpikir kreatif siswa yang berarti metode pembelajaran inkuiri lebih menekankan siswa untuk belajar mengurangi ketergantungan terhadap guru untuk mendapatkan pelajarannya, melatih siswa dalam menggali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang tidak habisnya, memberi pengalaman belajar seumur hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sifat penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran Inkuiri sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Pengaruh penerapan metode pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara signifikan. Peningkatan berpikir kreatif siswa yang menerapkan metode pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada siswa yang tidak diberikan penerapan metode pembelajaran inkuiri.References
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT.Remaja Rosda Karya
Faturahman, Sobari. 2011. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Gulo, W. 2012. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Hamdani, Dr.,M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor. Galia Indonesia
Khodijah. 2014. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung. Alfabeta
Mulyasa, E. 2012. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, S.C, Utami. 2010. Pengembangan Kreativitas Bakat Anak. Bandung. Gramedia
Sanjaya, Wina, (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Sukmadinata, Syaodih N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sunaryo K, Wowo. 2014. Taksonomi Kognitif (Perkembangan Ragam Berpikir). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Tirtahardja,umar. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakart. Rineka Cipta
http://id.wikipedia.org/wiki diakses pada 2 Nopember 2013
http://www.getscoop.com diakses 20 Agustus 2015