Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Model Discovery Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperiman semu dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen mendapat pembelajaran dengan model Discovery Learning, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dapat dilihat antara skor kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajarannya dengan skor kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan pendidik. Oleh karena itu, penerapan model Discovery Learning dapat menjadi model pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah.References
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Bandung: Penerbit Erlangga.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (7th Edition ed.). Boston, USA: Pearson Eduction, Inc.
kebudayaan, K. P. (2015). Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Nanang, H., & S, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Sadirman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung .
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Wahab, J. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.