Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovey Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Observasi Matematis pada Siswa

Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovey Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Observasi Matematis pada Siswa

Penulis

  • Pramuditya Rizki Pratama Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Marthen Tapilouw Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Elly Retnaningrum

Kata Kunci:

Metode Guided Discovery Learning, Kemampuan Observasi Matematis

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan jawaban atas masalah: Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Guided Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan observasi matematis pada siswa?. Metode penelitian melalui desain kuasi eksperimen. Populasi adalah SMA Negeri 8 Bandung dengan sampel diambil dua kelas dari kelas parallel pada kelas X. Melalui analisis perbedaan dua rata-rata, kemampuan observasi matematis siswa dengan menggunakan uji-t didapat kesimpunan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Guided Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan observasi matematis pada siswa. Apabila dilihat dari uji gain disimpulkan bahwa kualias peningkatan kemampuan observasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode Guided Discovery Learning termasuk kedalam kriteria tinggi.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D. P. (2008). Pengaruh Implementasi Metode Discovery dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Skripsi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Cavendish, S., et al. (1990). Assessing Science In the Primary Classroom: OBSERVING ACTIVITIES. London: Paul Chapman Publissher Ltd.

Castronova, J. A. (2002). Discovery Learning for the 21st Century: What is it and how does it compare to traditional learning in the 21st Cetury. [Online]. Tersedia:http//shiron.valdosta.edu/are/Litereview/vollnol/casatronova_litr.pdf. [9 Juni 2013].

Chairunisa (2005). Analisis Keterampilan Observasi Siswa SMA kelas X pada Pembelajaran Hukum Charles Melalui Tayangan Video Demostrasi. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Iriana, D. M. (2008). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP. Skripsi FPMIPA UPI: Tidek diterbitkan.

Khususwanto. (2008). Metode Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. PPPG Yogyakarta: Depdiknas.

Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Russell, T & Harlen, W. (1990). Assessing Science In the Primary Classroom: PRACTICAL TASKS. London: Paul Chapman Publissher Ltd.

Semiawan, C. et al. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar?. Jakarta: PT Grasindo.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.
Suherman, Erman. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matemaika. Bandung: FPMIPA UPI.

Supriyatno, E. (2005). Analisis Keterampilan Observasi Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Wujud Zat Melalui Metode Praktikum. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Widdiharto, R. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. PPPG Yogyakarta: Depdiknas.

Diterbitkan

2013-12-30

Cara Mengutip

Pratama, P. R., Tapilouw, M., & Retnaningrum, E. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovey Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Observasi Matematis pada Siswa. EDUCARE, 11(2), 20–27. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/184

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...