Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA
Kata Kunci:
Pembelajaran Genius Learning, Pendekatan Open EndedAbstrak
Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperoleh bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di salah satu Kota Bandung. Populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata–rata dua kelompok berpasangan dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended.Referensi
Ali Mahmudi. (2009). Membangun kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Makalah pada seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya FPMIPA UNY Yogyakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar isi . Jakarta: BNSP.
Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Gunawan, Adi W. (2007). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Iwan. (2009). Salah Kaprah Pengajaran Matematika. Bandung: Pikiran Rakyat
Joyce, Robert (1999). Theaching science Through Discovery. Columbus : Meril Publishing Co
Munandar,U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Bineka Cipta
Ruseffendi, (1989). Dasar – dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru . Bandung : Tarsito
Ruseffendi,(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Suherman, Erman. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Sulastri, N.S. (2013). Pengaruh Penggunaan Multimedia Matematika Interaktif Berbasis Komputer Tipe Simulasi terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika pada siswa SMA. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UNLA Bandung.
Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan IPTEK. Bandung:Alfabeta.
Syahjuzar dan Mukhlis Hidayat. (2007). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Mengajarkan Materi Persamaan Gari
Utami Munandar. (2009). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada media grup
Wahyudin. (2000). Kemampuan Guru Matematika, calon Guru Matematik, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung : Disertasi PPS IKIP Bandung : Tidak diterbitkan
Wardiman (1994). Visi dan Strategi Pembangunan Pendidikan untuk Tahun 2020 Tuntutan terhadap Kualitas, Bandung : Mimbar Pendidikan IKIP
Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar isi . Jakarta: BNSP.
Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Gunawan, Adi W. (2007). Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Iwan. (2009). Salah Kaprah Pengajaran Matematika. Bandung: Pikiran Rakyat
Joyce, Robert (1999). Theaching science Through Discovery. Columbus : Meril Publishing Co
Munandar,U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Bineka Cipta
Ruseffendi, (1989). Dasar – dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru . Bandung : Tarsito
Ruseffendi,(2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Suherman, Erman. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : FPMIPA-UPI
Sulastri, N.S. (2013). Pengaruh Penggunaan Multimedia Matematika Interaktif Berbasis Komputer Tipe Simulasi terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika pada siswa SMA. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika UNLA Bandung.
Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan IPTEK. Bandung:Alfabeta.
Syahjuzar dan Mukhlis Hidayat. (2007). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Mengajarkan Materi Persamaan Gari
Utami Munandar. (2009). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada media grup
Wahyudin. (2000). Kemampuan Guru Matematika, calon Guru Matematik, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung : Disertasi PPS IKIP Bandung : Tidak diterbitkan
Wardiman (1994). Visi dan Strategi Pembangunan Pendidikan untuk Tahun 2020 Tuntutan terhadap Kualitas, Bandung : Mimbar Pendidikan IKIP
Unduhan
Diterbitkan
2015-12-30
Cara Mengutip
Yuhanifah, Y., Widyatiningtyas, R., & Gunawan, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA. EDUCARE, 13(2), 18–29. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/200
Terbitan
Bagian
Research