Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa

Authors

  • Rehawati Rehawati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan disain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMKN Kota Bandung. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Kelas X AK 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif dan kelas X AK 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran modul make a match. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif. (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint interaktif lebih baik daripada aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match

References

Alam S. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Andriani, M. R. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. “scholaria 6.1 (2016)

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Atty Srie S. dan Teti Heryati. (2014). Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Bandung: HUP Penerbit Buku Pendidikan.

Azhar Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gavamedia.

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. (2010). Model – Model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press

Sadirman, (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : RajaGrafindo Persada ( Rajawali Perss).

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

TechTerms. (2008). PowerPoint. Tersedia, http://techterm.com/definition/powerpoint. [ 22 Maret 2016 ]

Warsono. dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Yunita Rachmawati. Bagaimana Mengukur aktivitas siswa belajar (2015). Tersedia,www.academia.edu/4816292/bagaimana_mengukur_aktivitas_siswa_belajar. [ 19 Januari 2016]

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Rehawati, R., Hidayat, A., & Ilyas, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/134

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...