Vol. 3 No. 2 (2017)
Research

Efektivitas Model Cooperative Learning Type Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis pada Mata Pelajaran Ekonomi

Nurhasanah Nurhasanah
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Asep Hidayat
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Ria Herdhiana
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Published December 1, 2017
How to Cite
Nurhasanah, N., Hidayat, A., & Herdhiana, R. (2017). Efektivitas Model Cooperative Learning Type Jigsaw Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/159

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA N 12 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang diambil ditentukan dengan cara undi sehingga terpilih siswa kelas X IPS 2 untuk kelas Eksperimen dan kelas X IPS 3 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretes dan postes. Data hasil pretes dan postes siswa tersebut kemudian dinalisis dengan software SPSS dan Microsoft Excel 2010 untuk melihat efektivitas model pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibanding dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw berbantuan video pembelajaran secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis tingkat tinggi siswa. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan berpikir siswa yang mencangkup kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan kreatif yang semakin baik setelah diberikan perlakuan.

References

  1. Anderson L.W & Krathwohl D.R (2017). Keranga Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
  2. Citra Umbara. (2009). Sisdiknas, Bandung: Citra Umbara
  3. Isjoni, (2016). Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA
  4. Lestari,K.E & Yudhanegara,M.R (2017). Penelitian pendidikan Matematika. Refika Aditama
  5. Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. BINA AKSARA.
  6. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press
  7. Rusman,(2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
  8. Sanjaya,W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Sadiman, S.A, dkk (1984). Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
  10. Suprijono,A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
  11. Shoimin,A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
  12. Uno, H.B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  13. Sumber Jurnal
  14. Krishnani, A.B. (2011). “Efektivitas penggunaan Media Video Pembelajaran untuk meningkatkan Pemahaman siswa dalam mengolah salad di SMK PI Ambarukmo Yogyakarta”. Vol: 144, 9-10.
  15. Matondang, Z (2009). “Validitas dan Reliabilitas suatu instrumen penelitian”. Vol: 6, 89-94. 65
  16. Marini. (2014). “Analisis kemampuan berpikir Analisis siswa dengan gaya belajar tipe investigatif dalam pemecahan masalah Matematika”. Vol:10, 4-5.
  17. Purwanti, B (2015). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”. Vol: 3, 44-45.
  18. Nugroho,A.T.T. (2015). “Pengaruh penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta”. [Online]
  19. Sumber Selain Buku dan Artikel Jurnal
  20. Wijayanti, R (2014) . “Studi Deskriptif Aspek Permodalan Dalam Implementasi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Koperasi Simpan pinjam (KSP) di Kabupaten Subang”.(Skripsi). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.