Pengembangan Bahan Ajar MYOB Berbasis Audio Visual

Pengembangan Bahan Ajar MYOB Berbasis Audio Visual

Authors

  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

MYOB, model waterfall, pressman, audio-visual

Abstract

Pembelajaran MYOB pada Program Studi Pendidikan Ekonomi dilaksanakna di Laboratorium Komputer FKIP Universitas Langlangbuana dengan menggunakan aplikasi NetSupport School. Pembelajaran menggunakan media cetak, berupa modul. Permasalahan yang dihadapi pembelajaran menjadi terlalu terstruktur dengan peran dosen dalam pembelajaran masih cukup tinggi, sehingga kemandirian belajar menjadi berkurang yang mengakibatkan kecepatan belajar seorang mahasiswa sangat bergantung pada mahasiswa yang lainnya. Masalah diatasi dengan mengembangkan bahan ajar MYOB berbasis audio visual dengan sejumlah unit pembelajaran yang masing-masing berdiri sendiri. Di mana suatu unit tidak bergantung pada unit yang lain, sehingga mahasiswa bisa menggunakan yang mana saja sesuai dengan keperluan. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi Model Waterfall dari Pressman, dimana semua proses kegiatan harus terlebih dahulu direncanakan dan dijadwalkan sebelum dikerjakan. Bahan ajar MYOB berbasis audio visual berhasil dibuat terdiri atas 24 unit video pengerjaan siklus akuntansi dengan menggunakan aplikasi MYOB yang telah memiliki kelayakan sisi aspek materi, pembelajaran dan media.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romiszowski, A. (1990). The Selection and Use of Instructional Media: A Systems Approach. London: Kogan Page.

Matiru, B., Mwangi, A., & Schlette, R. (1995). Teach Your Best: A Handbook for University Lecturers. Bonn: German Foundation for International Development (DSE).

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media.

Office of Distance Learning The Florida State University. (2011). Instruction at FSU: A Guide to Teaching and Learning Practices. Florida: The Florida State University.

Pressman, R. S. (2010). Software engineering: a practitioner’s approach. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hidayat, A. (2016). Penggunaan Perangkat Lunak NetSupport School untuk Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Komputer: Studi Kasus pada Perkuliahan Praktika Akuntansi II. Bandung: Lembaga Penelitian Universitas Langlangbuana.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Hidayat, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar MYOB Berbasis Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(2), 72–82. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/306

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...